Home News Market Teknologi Treveling Finance JASA

KPU Gandeng Himpunan Psikologi Cek Kesehatan Caleg DPR-DPRD untuk 2024

aris, 2023-04-03

KPU meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) terkait Pemilu 2024. MoU itu ditujukan untuk memperlancar pelaksanaan Pemilu 2024.


"Dengan kerjasama MoU antara KPU dengan HIMPSI ini menjadi satu dorongan, menjadi tambahan kekuatan bagi KPU, untuk menyelenggarakan kepemiluan," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam sambutannya, di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023).


Hasyim mengatakan kerjasama tersebut sangat diperlukan oleh KPU. Terlebih, dia mengatakan dalam waktu dekat akan dibuka pendaftaran calon anggota legislatif.


"Setidak-tidaknya 2023 ini, mulai April ini di internal partai mulai berproses rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR pusat, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, dan jumlahnya itu banyak sekali," ujarnya.

Hasyim mengatakan berdasarkan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2027, syarat calon anggota legislatif harus sehat jasmani dan rohani. Sebab itu, dengan kerjasama ini, diharapkan dapat memeriksa kesehatan para bakal caleg.


"Tentu dalam hal ini kami minta tolong kepada ikatan profesi yang tahu persis situasi tentang apa yang dimaksud dengan sehat jasmani, apa yang dimaksud dengan sehat rohani," kata dia.

"Kami akan minta tolong, minta bantuan ibu bapak di HIMPSI untuk membantu kami merumuskan, apa sih yang dimaksud dengan sehat rohani, indikatornya apa, kemudian alat untuk memeriksanya apa, pemeriksanya itu harus anggota HIMPSI atau bukan, bersertifikat atau bukan, ini kan yang punya kompetensi menentukan keahlian kan tentu asosiasi profesi seperti HIMPSI," imbuh Hasyim.

Sumber : news.detik 


FO4ARI

I have a blog to share knowledge with you and the latest news


Nature


Didukung Oleh Investing.com

Widget Ringkasan Teknikal Didukung oleh Investing.com Indonesia