Home News Market Teknologi Treveling Finance JASA
Nature

Strategi Kemenkop UKM Kejar Target 30 Juta UMKM Go Online 2024

aris, 2022-10-27

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) tengah mempersiapkan roadmap Percepatan Transformasi Digital UMKM. Langkah ini dalam rangka mencapai target 30 juta UMKM go online pada 2024.
Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan percepatan transformasi digital merupakan upaya untuk memastikan potensi ekonomi digital sebesar Rp 4.531 triliun di tahun 2030 dapat dioptimalkan para pelaku UMKM dan masyarakat Indonesia

"Untuk memasifkan tercapainya target 30 juta UMKM go online pada 2024, dilakukan gerakan masif #berubahdigital dengan 41 stakeholder dalam 109 program," kata Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10/2022).

Oleh karena itu, pihaknya membentuk Project Management Officer (PMO) Transformasi Digital UMKM. Dikatakannya tim PMO akan melaksanakan Penyusunan Road map, Rencana Integrasi Digitalisasi Internal/External, Dashboard Integrasi Dengan SIDT, dan Pengembangan UMKM Berbasis Digitalisasi Teknologi Web 3.0.

Siti Azizah mengatakan dalam waktu dekat Kemenkop UKM juga akan dilakukan pendataan by name by address UMKM yang melakukan digitalisasi dengan 41 stakeholder tersebut. Selain itu juga dilakukan koneksi antara 21 juta data pelaku UMKM dengan 7 kelompok dan 7 aspek digital.

Siti Azizah menilai masih ada kesenjangan dalam database Kemenkop UKM akibat kurangnya engagement dalam data, serta data yang masih tersebar dalam bentuk sistem dan paper-based.

"Tahun ini kami akan melakukan penyelesaian terhadap sejumlah target, terutama dalam pengintegrasian data antar stakeholder. Pada 2023, ditargetkan 24 juta UMKM telah melakukan transformasi digital di mana 60% dari target tersebut disumbang oleh daerah dan 40% oleh Kementerian," jelasnya.

Dia menilai transformasi digitalisasi merupakan keniscayaan yang tidak bisa diabaikan oleh UMKM. Karena dengan go digital dapat mempercepat UMKM untuk go global.

Sumber : finance.detik


FO4ARI

I have a blog to share knowledge with you and the latest news


Nature


Didukung Oleh Investing.com

Widget Ringkasan Teknikal Didukung oleh Investing.com Indonesia